Sabtu, 13 Desember 2014

Takon, Jejaring sosial pertama buatan anak bangsa


Banyak pertanyaan dan bingung cari jawaban? Ingin dapat jawaban yang bisa memberikan solusi, inspirasi dan membantu? Dapatkan semua di Takon.Takon adalah Aplikasi Tanya Jawab & Social Media. Cukup tulis masalah atau pertanyaan anda di Takon dan anda akan mendapatkan jawaban dari user lain. Dengan Takon, kita bisa membuat pertanyaan, menulis jawaban, menulis komentar tentang jawaban dan mengunggah foto. Anda bisa terkoneksi dengan teman2 anda melalui fitur social dari Takon, seperti follow teman / user lain, melihat profil, follow aktivitas tanya jawab, follow pertanyaan yang menarik dan banyak lagi.


Dari segi tampilan, aplikasi ini cukup menarik dengan desain flat mengikuti trend aplikasi mobile serta didominasi warna putih dan hijau. Ada lima opsi dalam aplikasi ini: Takon, Topik/Explore, Pertanyaan Baru, Aktivitas, dan Profil. 

Pada opsi Takon (opsi utama) terdapat daftar pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh semua pengguna yang diurutkan berdasarkan waktu posting serta topik yang dipilih saat pertama kali membuka aplikasi Takon. Misalnya topik tentang komputer, buku, otomotif, dan masih banyak lagi, yang bisa ditelusuri lebih lanjut melalui opsi Topik/Explore. Sebelum memilih topik yang diinginkan, pengguna bisa men-tap setiap topik untuk melihat pertanyaan apa saja yang telah ditanyakan dalam forum tersebut. 

Apabila tertarik terhadap sebuah pertanyaan, selain tentunya memberi jawaban, Takon juga memungkinkan pengguna untuk mengikuti pertanyaan tersebut dengan men-tap tombol Following. Fitur ini mengingatkan saya pada Quora, dimana pengguna akan mendapat notifikasi apabila mengikuti sebuah pertanyaan. Namun mungkin lebih baik bila pengguna juga bisa melakukan voting pada sebuah pertanyaan dalam Takon. Sehingga pertanyaan yang banyak mendapatkan voting, akan otomatis terangkat sehingga memudahkan pengguna lainnya melihat pertanyaan yang sedang trending tersebut. 

Lalu untuk melontarkan pertanyaan pengguna bisa masuk ke opsi Pertanyaan Baru yang ditandai dengan ikon tanda tambah (+). Pengguna cukup mengisi pertanyaan dan memilih setidaknya satu topik terkait. Selain melontarkan pertanyaan dalam bentuk teks, pengguna juga bisa menambahkan gambar untuk memperjelas pertanyaan dan bertanya sebagai anonim apabila identitas Anda tidak ingin diketahui. Serupa dengan aplikasi mobile pada umumnya, melalui opsi Aktivitas pengguna bisa melihat aktivitas pengguna lain yang di-follow termasuk notifikasi. Misalnya notifikasi tentang pengguna lain yang menjawab atau mengikuti pertanyaan Anda. Mirip dengan Twitter


Opsi terakhir adalah Profil. Dan tampilannya mengingatkan saya dengan aplikasi Twitter, dimana terdapat foto profil pengguna, jumlah follower, following, pertanyaan, serta aktivitas terbarunya lengkap dengan biodata yang bisa dilihat. 

Menurut saya, mengikuti desain aplikasi lainnya yang sudah populer bisa menjadi langkah yang tepat agar pengguna baru yang sudah familiar tidak akan kebingungan saat menggunakan aplikasi. Sedangkan di sisi lain, aplikasi tersebut tampak tidak memiliki ciri khas atau karakteristik yang nantinya akan menjadi ikon pengenal aplikasi tersebut. Jadi akan lebih baik apabila membuat aplikasi yang memiliki karakteristik tertentu mulai dari ikon, warna, hingga user experience.

Download :  Takon.apk
Download :  Play Store
password  : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar